Senin, 13 Maret 2017

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Yukkepo.com - Setiap kali memakan buah pisang anda seringkali membuang begitu saja kulitnya. Memang seringkali kulit pisang di anggap tidak berharga, padahal jika anda tahu manfaat yang ada di dalam kulit pisang pasti anda akan berpikir dua kali untuk membuangnya begitu saja. 

 5 Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan
Kulit Pisang


Karena itulah anda harus mengetahui jika ternyata di dalam kulit pisang banyak sekali terkandung manfaat yang selama ini belum banyak di ketahui orang. Berikut ini 5 manfaat kulit pisang untuk kesehatan dan kecantikan yang perlu anda ketahui.

Manfaat Kulit Pisang Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

1. Menurunkan Kolesterol

Manfaat kulit pisang untuk kesehatan yang pertama adalah khasiatnya dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Ini adalah sebuah rahasia yang tersimpan dalam kulit pisang yang selama ini tidak di ketahui oleh orang banyak. Di dalam kulit pisang terkandung banyak sekali serat, vitamin, senyawa asam yang dapat menetralisir dampak buruk  yang di timbulkan oleh kolesterol. Serat yang ada pada kulit pisang juga mampu menyerap kolesterol dalam darah sehingga jumlahnya akan menurun secara signifikan. Ekstrak kulit pisang saat ini sudah mulai di gunakan untuk mengatasi berbagai penyakit kardiovaskular dan masalah pada sistem pembuluh darah lainnya. Kulit pisang juga cukup ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit stroke, kanker, dan serangan jantung. Saat ini sudah banyak di kembangkan makanan yang berasal dari kulit pisang sebagai bahan alami untuk menurunkan kolesterol.

2. Menghilangkan Bekas Luka Dan Belang Pada Kulit

Manfaat kulit pisang untuk kecantikan yang paling populer adalah kemampuannya dalam menyamarkan bekas luka yang menghitam. Bekas luka sering kali sulit di hilangkan dan menyebabkan kulit anda menjadi belang. Tentu saja hal ini dapat mengurangi kecantikan dan mengganggu penampilan anda. Untuk mengatasi hal tersebut anda bisa menggunakan kulit pisang sebagai alternatif perawatan menggunakan bahan alami. Di dalam kulit pisang terdapat senyawa asam malat yang dapat berperan sebagai senyawa anti-inflamasi. Senyawa asam tersebut juga sangat ampuh untuk mengangkat sel-sel mati yang muncul akibat bekas luka. Kulit pisang juga dapat  menstimulasi tumbuhnya sel-sel baru melalui proses regenerasi sel. Sehingga dengan demikian bekas luka yang menghitam perlahan-lahan akan menghilang.

3. Mengobati Penyakit Mata

Manfaat kulit pisang untuk kesehatan dan kecantikan yang selanjutnya yaitu untuk mengobati berbagai penyakit mata. Kandungan kulit pisang yang sangat berperan penting dalam mengobati penyakit mata adalah senyawa lutein. Senyawa ini merupakan salah satu unsur yang menyusun karotenoid yang dapat memperbaiki struktur sel-sel yang rusak. Karotenoid juga merupakan zat antioksidan yang dapat mencegah terjadinya kerusakan pada mata akibat serangan radikal bebas. Selain itu penggunaan kulit pisang  untuk mengobati penyakit mata juga dapat meminimalisir adanya aktivitas abnormal pada sel yang dapat menyebabkan penyakit makula, katarak, bahkan kanker mata.

4. Memutihkan Gigi

Ini adalah salah satu manfaat kulit pisang untuk kecantikan yang sering di gunakan sebagai perawatan tradisional menggunakan bahan-bahan alami. Kulit pisang memiliki kemampuan untuk memutihkan gigi yang kuning akibat noda atau plak yang menempel pada gigi. Kandungan senyawa asam pada kulit pisang mampu melarutkan plak yang menempel pada gigi sehingga akan membuatnya menjadi lebih putih. Cara penggunaanya pun cukup sederhana, anda hanya perlu menggosokkan bagian dalam kulit pisang pada gigi anda yang bernoda. Lakukan secara teratur hingga noda tersebut memudar. Namun anda tidak boleh melakukannya secara berlebihan karena senyawa asam pada kulit pisang juga dapat mengikis lapisan enamel gigi. Hentikan perawatan ini jika di rasa noda yang ada pada gigi anda sudah mulai memudar.

5. Meningkatkan Sistem Imun


Manfaat kulit pisang untuk kesehatan yang terakhir yaitu untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Di dalam kulit pisang juga terkandung vitamin C dan senyawa antioksidan yang cukup tinggi. Kedua zat ini sangat di perlukan tubuh untuk tetap kebal terhadap serangan radikal bebas. Selain itu di dalam kulit pisang juga terdapat bakteri probiotik yang sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Untuk memperoleh manfaat ini anda bisa memanfaatkan makanan olahan yang berasal dari kulit pisang seperti sirup atau nata de banana yang saat ini sudah banyak di jual di pasaran.


Baca juga:





Tidak ada komentar:

Poskan Komentar